1st Basic Rotablator and IVUS Training

boston.jpg

1st Basic Rotablator and IVUS Training

Rotablator atau Rotational Atherectomy Device merupakan suatu teknologi dalam bidang kardiologi intervensi. Rotablator berfungsi untuk melebarkan lumen pembulu darah koroner dengan cara mengikis plak aterosklerosis yang menyumbat. Rotablator berbentuk seperti kacang almond yang terbuat dari stainless yang permukaannya dilapisi dengan potongan-potongan batu berlian yang berdiameter sangat kecil yaitu 20-13- mikron. Prosedur Rotablator diawali layaknya prosedur kateterisasi jantung.

Intravascular Ultrasound atau IVUS merupakan alat untuk mendapatkan gambaran kondisi lumen pembuluh darah dengan menggunakan prinsip pantulan gelombang suara. Pemeriksaan IVUS merupakan ramngkaian dari pemeriksaan tambahan saat pasien dilakukan kateterisasi jantung sebelum pemasangan ring / stent. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat baik diameter atau panjang pembuluh darah koroner, melihat tipe dari lesi yang menyubat pembuluh korener maka IVUS akan sangat membantu sehingga pemilihan ring / stent bisa lebih akurat. Evaluasi apakah ring / stent telah terekspansi dengan sempurna juga dapat terlihat dengan pemeriksaan IVUS ini.

RS Khusus Jantung Binawaluya Jakarta telah memiliki dan memanfaatkan fasilitas Rotablator dan IVUS sejak tahun 2008. Untuk meningkatkan keahlian dalam pemanfaatan teknologi Rotablator dan IVUS, pada tanggal 20-21 Januari 2018 yang lalu RS Jantung Binawaluya bekerja sama dengan Boston Scientific mengadakan seminar dan workshop : '1st Basic Rotablator and IVUS Training' yang bertajuk "OPTIMIZING COMPLEX PCI" dengan lecture utama yaitu ahli kardilogi intervensi sekaligus Kepala Instalasi Cathlab RS Jantung Binawaluya yaitu Dr. dr. M. Munawar, SpJP(K)., FIHA., FACC., FESC., FSCAI., FAPSIC.,FAPSC.

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa dokter kardiologi intervensi dan perawat-perawat khusus ruang kateterisasi dari berbagai center di Indonesia seperti RS Pusat Pertamina Jakarta, RSUP Dr. Kariadi Semarang, RSUD Kanujoso Balikpapan, RSUD Cengkareng Jakarta, RSUP Dr. M. Djamil Padang, RS Sultan Agung Semarang, dan RS Awal Bros Tangerang serta RS Telogorejo Semarang. Selain itu kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa fellow kardioligi intervensi, dokter-dokter internal RS Jantung Binawaluya, dan perawat-perawat internal RS Jantung Binawaluya.

Kegiatan ini di awali dengan pembukaan dan langsung dilanjukan dengan penyajian materi mengenai perkembangan dan aplikasi Rotablator dan IVUS dalam terapi intervensi penyakit aterosklerosis dan dilanjutkan dengan live demo di ruang kateterisasi RS Jantung Binawaluya yang dipimpin langsung oleh Dr. dr. M. Munawar, SpJP(K)., FIHA., FACC., FESC., FSCAI., FAPSIC., FAPSC dan tindakan ini berhasil dilakukan pada penderita penyakit jantung koroner dengan hasil yang maksimal.

Para peserta 1st Basic Rotablator and IVUS Training sangat antusias mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Sebagian besar dari peserta mengungkapkan hal-hal yang sangat positif terhadap kegiatan ini dan mengharapkan agar kegiatan seperti ini dapat terus diselenggarakan secara rutin untuk meningkatkan kualitas penanganan pada penyakit jantung koroner khususnya dalam bidang kardiologi intervensi.

Penulis : NS. Akbar Dwi Nugraha, S.Kep

Polling

Bagaimana Pelayanan Rumah Sakit Jantung Binawaluya menurut Anda ?

Baik
Sedang
Kurang