Articles

  • Monday, 28 December 2009
    Berjalan Kaki Untuk Mencegah Penyakit Jantung

    Cara sederhana mencegah penyakit yang tergolong berat bernama jantung adalah dengan melakukan olahraga ringan, berjalan kaki. Berjalan kaki dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko serangan jantung. Berikut paparan cara melakukan olahraga ini agar Anda menuai keuntungan dari situ.

    Jika ingin memiliki jantung yang sehat, segera kencangkan tali sepatu Anda, dan mulailah berjalan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan New England Journal of Medicine diketahui bahwa hanya dengan melakukan jalan ringan selama 2 1 / 2 jam seminggu Anda dapat memotong sepertiga resiko serangan jantung dan stroke. Aktifitas berjalan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam...

    Baca Selengkapnya >

  • Sunday, 27 December 2009
    "Harus Menjaga Kejujuran & Komunikasi Antara Pasien Jangan Putus"
    P R O F I L : DR. Dr. Muhammad Munawar, FESC, FACC, FSCAI :

    Tahun 1976, Dr. Muhammad Munawar baru saja menamatkan kuliah kedokterannya di Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada. Saat itu Program Wajib Kerja Sarjana (WKS) masih berjalan untuk mengikis masalah kesehatan di Indonesia dan Munawar turut mendaftarkan diri untuk program itu. Dokter muda ini justru berkeinginan untuk berada di daerah terpencil kepulauan Riau.

    Liku-liku daerah terpencil membuat-nya terpacu untuk maju; di daerah kepulauan Riau keadaan puskesmasnya cukup memprihatinkan karena belum ada sarana lampu, tidak ada telepon, dan sarana lainnya, tetapi Munawar, panggilan akrabnya, dengan cukup...

    Baca Selengkapnya >

  • Saturday, 26 December 2009
    Apakah Angiografi Koroner/ Kateterisasi Jantung itu ?

    Angiografi koroner adalah suatu prosedur sinar-x (X-Ray) untuk memeriksa pembuluh darah arteri jantung (arteri koroner) dengan kamera khusus untuk melihat apakah pembuluh darah koroner mengalami penyempitan atau penyumbatan. Prosedur ini ini merupakan suatu prosedur yang penting bila dokter menduga atau mengetahui anda penderita penyakit jantung koroner.Dokter yang melakukan prosedur ini, dengan hanya melakukan pembiusan lokal, akan memasukkan sebuah selang plastik penjang dan tipis ke dalam sebuah pembuluh darah arteri di lipat paha atau tangan anda. Selang yang tipis dan fleksible ini disebut Kateter, sehinga proseur tersebut juga sering dikenal sebagai Kateterisasi Jantung.

    Begitu kateter masuk ke dalam...

    Baca Selengkapnya >

  • Thursday, 24 December 2009
    Serangan jantung
    Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu pada orang dewasa di Amerika. Setiap tahunnya, di Amerika Serikat:
    • 1,5 juta orang mengalami serangan jantung.
    • 478000 orang meninggal karena penyakit jantung koroner.
    • 407000 orang mengalami operasi peralihan.
    • 300000 orang menjalani angioplasti.
    Penyakit jantung, stroke, dan penyakit periferal arterial merupakan penyakit yang mematikan. Di seluruh dunia, jumlah penderita penyakit ini terus bertambah. Ketiga kategori penyakit ini tidak lepas dari gaya hidup yang kurang sehat yang banyak dilakukan seiring dengan berubahnya pola hidup. Faktor-faktor pemicu serangan jantung ialah Rokok, mengonsumsi makanan berkolestrol tinggi, kurang gerak, malas berolahraga, stres, dan kurang istirahat.

    Pengenalan Jantung

    Jantung adalah organ berupa...

    Baca Selengkapnya >

  • Wednesday, 26 August 2009
    Apakah Penyakit Jantung Itu ?

    Penyakit jantung adalah penyakit yang mengganggu sistem pembuluh darah atau lebih tepatnya menyerang jantung dan urat-urat darah, beberapa contoh pentakit jantung seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, tekanan darah tinggi, stroke, sakit di dada (biasa disebut "angina") dan penyakit jantung rematik.

    Penyakit jantung koroner merupakan yang paling tertinggi yang di derita orang-orang. Penyakit ini menyerang pembuluh darah dan dapat menyebabkan serangan jantung. Serangan jantung dikarenakan pembuluh arteri yang tersumbat, yang menghambat penyaluran oksigen dan nutrisi ke jantung. Stroke disebabkan oleh kurangnya aliran darah yang mengalir ke otak, atau terkadang menyebabkan pendarahan...

    Baca Selengkapnya >

  • Thursday, 20 August 2009
    Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
    Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan masalah besar tidak hanya di negara arat tapi juga di Indonesia. Bila tidak diatasi, tekanan darah tinggi akan mengakibatkan jantung bekerja keras hingga pada suatu saat akan terjadi kerusakan yang serius. Pada jantung otot jantung akan menebal (hipertrofi) dan mengakibatkan fungsinya sebagai pompa menjadi terganggu, selanjutnya jantung akan dilatasi dan kemampuan kontraksinya berkurang. Selain pada jantung, tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan kerusakan pembuluh darah pada otak, mata (retinopati) dan/atau ginjal (gagal ginjal). Sebagian besar kasus hipertensi tidak ada terapi definitif, tapi dapat di kontrol dengan pola hidup sehat dan medikasi. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko...

    Baca Selengkapnya >

Polling

Bagaimana Pelayanan Rumah Sakit Jantung Binawaluya menurut Anda ?

Baik
Sedang
Kurang