Binawaluya

Salah satu masalah pada jantung yang bisa berakibat fatal adalah terganggunya irama jantung (aritmia jantung), dimana irama jantung bisa lebih lambat (<60 kali per menit) atau lebih cepat (>100 kali per menit) dan irama jantung yang tidak teratur.

Aritmia bisa terjadi pada semua umur, mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Terkadang gangguan tidak terasa ketika masa bayi hingga anak-anak, namun terasa ketika usia dewasa", karena itulah setiap orang harus mencermati irama jantungnya.

Sebenarnya Anda bisa mendeteksi adanya gangguan, ketika jantung Anda berdetak tidak seperti biasanya, bila irama jantung lebih cepat Anda akan seperti sedang berdebar-debar dan bila detak jantung lambat, Anda bisa pingsan atau goyah (keliyengan). Atau, bila tidak teratur Anda akan merasakan seperti ada denyut yang hilang, dan perlu diwaspadai bila Anda atau anggota keluarga Anda mengalami pingsan beberapa kali tanpa sebab yang jelas.

Bila menemui gejala tersebut sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter spesialis jantung yang memiliki keahlian aritmia jantung (electrophysiologist). Umumnya, Anda akan melalui tes untuk melihat irama jantung Anda. Yang paling sederhana adalah EKG, lalu holter untuk merekam mulai dari sehari sampai satu minggu. Namun, jika gangguan irama jantung muncul setelah beberapa lama, bisa dipasang Implantable Loop Recorder (ILR), yaitu alat yang dipasang di bawah kulit dada yang bisa merekam irama jantung sampai dengan 3 tahun.

Jadwal Praktek

dr. Beny Hartono,Sp.JP,FIHA,FAPSC
(Spesialis Cardiology)

Cek jadwal dokter di SINI