Binawaluya

Setiap 29 September Dunia memperingati Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day. Untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan jantung. Hari Jantung Sedunia dicanangkan World Heart Federation (WHF) pada tahun 2000. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada negara serta masyarakat di seluruh dunia bahwa penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung dan stroke) penyakit penyebab kematian nomor satu di dunia.

Di Indonesia, penyakit jantung menduduki peringkat ketiga. Dengan menjalankan perilaku CERDIK risiko penyakit jantung dapat dicegah.
CERDIK adalah singkatan dari enam hal penting yang dianjurkan Kementerian Kesehatan seperti berikut ini.

Pertama, Cek kesehatan secara berkala, untuk mengendalikan berat badan agar tetap ideal dan tidak berisiko mudah sakit, periksa tensi darah, gula darah dan kolesterol secara teratur.

Kedua, Enyahkan asap rokok, artinya jangan merokok.

Ketiga, Rajin beraktivitas fisik, minimal 30 menit sehari, seperti berolahraga, berjalan kaki, atau membersihkan rumah. Usahakan lakukan dengan baik, benar, teratur dan terukur.

Keempat, Diet seimbang, yakni dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, konsumsi buah dan sayur minimal 5 porsi per hari, sebisa mungkin menekan konsumsi gula hingga maksimal empat sendok makan atau 50 gram per hari, serta hindari makanan dan minuman manis atau yang berkarbonasi.

Kelima, Istirahat cukup, jangan paksakan diri melakukan pekerjaan berat jika tubuh terasa tak mampu. Istirahat dan tidur dengan cukup setiap hari.

Keenam, Kelola stres dengan baik dan benar, hindari dari hal-hal yang bisa membebankan pikiran. Lakukan hal-hal yang menyenangkan sehingga bisa terbebas dari stres.

#WorldHeartDay
#UseHeart
#UseHeartToConnect