Holter Monitor

Holter monitor merupakan alat praktis yang mampu memantau berbagai aktivitas listrik selama 24 jam untuk menilai irama jantung, posisi ruang jantung, dan evaluasi terapi (pemasangan pacemaker). Bila terdapat keluhan berupa pusing, pingsan, tekanan darah rendah, lelah berkepanjangan atau berdebar tanpa adanya perubahan pada pemeriksaan EKG saat istirahat. Alat ini dapat berguna untuk mengetahui adanya gangguan irama jantung (aritmia) atau kejadian epileptic (EEG) yang sulit diketahui bila dipantau dalam jangka pendek.Bersamaan dengan perekaman, pasien mencatat aktivitas dan keluhan yang muncul saat perekaman.

Alat ini menggunakan elektroda yang dipasangkan di dada yang dihubungkan ke alat yang berfungsi menyimpan informasi mengenai aktivitas listrik jantung selama periode perekaman.

Prosedur pemasangan holter monitor antara lain:

- Elektroda ECG dipasang pada dada dan disambungkan dengan kabel lead.

- Monitor ECG dengan ukuran kecil dibawa sepanjang masa perekaman

- Pasien diberitahu agar elektroda harus selalu terpasang, tidak membasahi elektroda, tidak menggunakan peralatan elektronik dan alat yang menggunakan magnet selama masa perekaman agak tidak mengganggu sinyal EKG, mencatat adanya gejala dan aktivitas yang dilakukan selama masa perekaman, dan menghubungi dokter atau rumah sakit bila terdapat masalah selama perekaman.

    Polling

    Bagaimana Pelayanan Rumah Sakit Jantung Binawaluya menurut Anda ?

    Baik
    Sedang
    Kurang