Hati-Hati, Serangan PJK Kini Incar Usia Muda !

Oleh : Besty Simatupang

KBRN, Jakarta : . Serangan jantung bukan lagi monopoli usia tua. Kini usia muda, bahkan remaja juga bisa terkena serangan. Kematian mendadak akibat penyakit jantung koroner (PJK)berdasarkan data PT Pfizer semakin mengkhawatirkan.

"Dari 10 pasien sakit jantung yang ditangani Binawaluya, sebanyak 7-8 pasien di antaranya, berusia muda. Yang termuda usia 17 tahun,"kata Agus Riawan, SpJP, kardiologis dari Rumah Sakit Jantung Binawaluya, saat pelayanan pemeriksaan kolesterol gratis di Jakarta, Selasa (3/7). Acara tersebut diselenggarakan atas dukungan PT Pfizer dan masih akan berlangsung hingga Rabu (4/7).

Menurut Agus Riawan, Penyebab jantung koroner antara lain disebabkan faktor keturunan dan usia. Namun kinin , faktor eksternal seperti makanan berlemak, stress, hipertensi, obesitas, kolesterol tinggi dan kurang olah raga menjadi faktor pencetus PJK.

"Celakanya, banyak orang yang tidak pernah menyempatkan diri untuk cek kesehatan seperti cek kolesterol atau tekanan darahnya. Begitu sakit di dada, terlambat ditangani dan akhirnya meninggal," tegas Agus.

Sementara itu, Selly Kartika, Marketing Director PT Pfizer Indonesia, mengatakan tingkat kesadaran masyarakat akan bahaya kolesterol masih rendah. Karena itu, pihaknya memberikan dukungan kepada RS Jantung Binawaluya untuk melakukan edukasi kepada masyarakat.

Selain di Jakarta, edukasi dan cek kolesterol gratis juga akan dilakukan di sejumlah kota besar lainnya, yakni Bandung, Surabaya, Makassar dan Medan .

"Bahaya kolesterol bagi kesehatan jantung di lima kota besar tersebut akan kami sosialisasikan , dengan tujuan semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya memelihara kesehatan jantung," tandas Selly. (Besty/BCS)

(Editor: Besty Simatupang)

 

sumber :http://rri.co.id

Polling

Bagaimana Pelayanan Rumah Sakit Jantung Binawaluya menurut Anda ?

Baik
Sedang
Kurang