Elektrofisiologi

Elektrofisiologi adalah suatu tindakan invasif minimal untuk memetakan sistem konduksi listrik di jantung baik aktivitas listrik maupun jalur konduksinya. Studi ini ditujukan untuk mencari penyebab aritmia (gangguan irama jantung) dan lokasi fokus aritmia sehingga dapat diberikan terapi yang tepat untuk jenis aritmia tersebut. Studi ini biasanya dilakukan oleh seorang ahli jantung dengan spesialisasi di bidang elektrofisiologi. Tindakan dilakukan dengan memasukkan satu atau beberapa kateter melalui vena-vena besar di pangkal paha ataupun di belikat.

Persiapan

- Pasien biasanya dipuasakan selama 6 jam sebelum tindakan, dengan tujuan untuk mencegah muntah yang dapat menyebabkan aspirasi.

- Obat-obatan anti-aritmia biasanya dihentikan, namun harus dengan konsultasi dokter anda terlebih dahulu.

- Satu-dua jam sebelum tindakan pasien akan dipasang infus (akses vena) dan kateter/kondom urin.

Prosedur

Tindakan biasanya dilakukan di ruang cathlab, merupakan suatu ruangan operasi khusus dengan alat-alat seperti fluroskopi, monitor hemodinamik dan monitor listrik jantung. Pasien umumnya hanya diberikan anastesi/ bius lokal di daerah tempat masuknya kateter, namun pada kasus tertentu pasien dapat diberikan obat sedasi (membuat pasien tidur).

Tindakan ini bersifat diagnostik (untuk mencari penyebab kelainan aritmia jantung) yang biasanya akan diikuti dengan tindakan terapi yang berupa kateterisasi ablasi pada saat itu juga.

Polling

Bagaimana Pelayanan Rumah Sakit Jantung Binawaluya menurut Anda ?

Baik
Sedang
Kurang