Pemasangan Pacemaker, CRT, ICD

Penanaman pacemaker adalah prosedur yang aman ditangan-tangan yang berpengalaman. Angka kematian yang disebabkan oleh komplikasi langsung dari penanaman pacemaker adalah kurang dari satu dalam 10,000 penanaman-penanaman. Komplikasi-komplikasi terjadi kurang dari 1% dari waktu termasuk perdarahan, memar, dan infeksi pada tempat penanaman, introduksi dari udara kedalam ruang antara paru dan dinding dada (memerlukan penempatan tabung dada), perforasi dari jantung (memerlukan pengaliran darah yang urgen dari kantong yang mengelilingi jantung), serangan jantung, dan kerusakan pada pembuluh-pembuluh darah.

pace

Tipe-Tipe Pacemaker

Pacemaker-pacemaker mungkin mengandung satu atau banyak lead-lead. Pacemaker berkamar tunggal mempunyai satu lead sementara berkamar dual mempunyai dua lead-lead.

Ketika lead dari pacemaker berkamar tunggal ditempatkan di ventricle, pacemaker mampu untuk menerima sinyal-sinyal dari dan memacu hanya ventricle. Jika lead ditempatkan di atrium, pacemaker akan mampu untuk menerima sinyal-sinyal dari dan memacu hanya atrium. Tergantung pada penyebab dan sifat dari bradycardia, dokter memutuskan untuk menempatkan lead tunggal dimana.

Pacemaker-pacemaker berkamar dual mempunyai dua lead-lead: satu di atrium dan satu di ventricle. Pacemaker-pacemaker berkamar dual adalah lebih kompleks dan canggih daripada pacemaker-pacemaker berkamar tunggal. Pacemaker berkamar dual dapat menerima sinyal dari dan memacu keduanya ventricle dan atrium. Ia dapat juga mengkoordinasi sinyal-sinyal dan kontraksi-kontraksi dari atria dan ventricles untuk membantu jantung berdenyut lebih efisien.

Pada siklus kontraksi yang normal pada jantung yang normal, atria berkontraksi pertama untuk mengantar darah kedalam ventricles. Ventricles kemudian berkontraksi setelah interval waktu yang pendek. Pacemaker-pacemaker berkamar dual dapat mengkoordinir sinyal-sinyal elektrik ke atrium dan ventricle sehingga rangkaian alami dari kontraksi-kontraksi diikuti. Mengikuti rangkaian alami dari kontraksi-kontraksi memperbaiki efisiensi pemompaan jantung.

Pacemaker-pacemaker berkamar dual adalah lebih rentan terhadap persoalan-persoalan karena derajat kecanggihan mereka yang lebih besar. Pacemaker-pacemaker ini dapat menyebabkan jantung untuk mengebut secara tidak tepat jika dikacaukan oleh aktivitas elektrik jantung sendiri. Juga, lead-lead tambahan berarti bahwa lebih banyak alat dapat gagal secara potensial. Jadi, tidak semua pasien-pasien adalah calon-calon yang baik untuk pacemaker-pacemaker berkamar dual. Beberapa pasien-pasien adalah lebih baik dilayani dengan pacemaker berkamar tunggal. Cardiologist (ahli jantung) atau electrophysiologist yang berkwalifikasi adalah ideal untuk memutuskan pacemaker yang mana adalah paling tepat.

Polling

Bagaimana Pelayanan Rumah Sakit Jantung Binawaluya menurut Anda ?

Baik
Sedang
Kurang